الخميس، 18 كانون1/ديسمبر 2025

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, KPU Libatkan Multipihak Melalui Lomba Maskot Pemilu 2024

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

Lognews201.com, Jakarta – Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat mencerminkan hasil pemilu yang legitimated.

Lomba maskot adalah langkah nyata yang diambil KPU untuk menggerakkan semua pihak ikut terlibat dan mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU RI melakukan strategi sosialisasi, salah satunya melalui “Lomba Maskot Pemilu 2024” disetiap periode pemilu.

Tujuan lainnya dalam lomba ini adalah sebagai sarana menyosialisasikan penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu dengan melibatkan partisipasi masyarakat, mengubah pola pikir (mindset) masyarakat bahwa pemilu adalah suatu proses yang menghibur dan menyenangkan (electiontainment), menjaring keterlibatan masyarakat, khususnya para desainer grafis, sehingga masyarakat merasa menjadi bagian penting dari setiap proses penyelenggaran.

Lomba Maskot Pemilu 2024 telah diumumkan melalui Website dan Media Sosial KPU pada 22 Agustus 2022 lalu, sampai batas waktu submit 22 Oktober 2022, ada 540 orang yang mengirimkan desain dengan total desain yang diterima KPU sebanyak 681 karya. Dari 681 Desain Maskot Pemilu 2024 yang telah dikirimkan ke KPU tersebut, selanjutnya dewan juri menilai, menetapkan 26 Desain Maskot Pemilu 2024 sesuai dengan ketentuan antara lain keaslian, kreativitas, komunikatif, inspiratif, estetika, totalitas, dan mencerminkan identitas Indonesia.

Maskot Pemilu 2024 akan menyasar segala golongan umur, sehingga tidak ada sekat pada media yang digunakan KPU dalam melakukan sosialisasi. Adapun Dewan Juri Lomba Maskot Pemilu 2024 terdiri atas, Indah Tjahyawulan (Rektor Institut Kesenian Jakarta), Caroline Sunarko (Deputi Program Desain Grafis (DGI) dan Bussines Development Manager Multimedia Nusantara Polytechnic), dan Saut Irianto Manik (Dosen Institut Kesenian Jakarta).

Sedangkan Juri Khusus, yakni August Mellaz (Anggota KPU Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat) dan Betty Epsilon Idroos (Anggota KPU Wakil Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat).

Maskot Pemilu 2024 adalah gambar atau rupa dua/tiga dimensi yang akan digunakan sebagai ‘Ikon Pemilu 2024’. Maskot Pemilu 2024 menggambarkan kepemiluan, simbol identitas branding KPU dalam melayani masyarakat menggunakan hak pilihnya, dan dibuat secara menarik sehingga dapat membantu masyarakat mengenal, mengingat, dan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang.

Melalui rangkaian tahapan seleksi mulai babak penyisihan, babak semifinal, selanjutnya Dewan Juri menetapkan 10 Desain Maskot Pemilu 2024 yang dinilai dalam babak final. Berdasarkan hasil penilaian, dari 10 desain maskot, terpilih 1 (satu) pemenang terbaik yaitu Maskot dengan nama Sura (Suara Rakyat) dan Sulu (Suara Pemilu) karya Stephanie. Maskot Pemilu 2024 akan dilaunching bersamaan dengan Launching Jingle KPU pada kegiatan Konsolidasi Nasional KPU untuk Peningkatan Layanan Pemilu 2024, Jumat (2/12/2022) di Beach City Entertainment Ancol Center (BCEC) Ancol. (Amr-untuk Indonesia)